sketch up info

cara membuat/mengatur command di sketch up

biasanya kalau kita memakai CAD kita bisa kelihatan mahir kalau kita menggambar dengan mengetik command: seperti move (M) copy (co) offset (o) polyline (pl) line (l) dan sebagainya.

bagaimana kalau kita memakai skecth up???

skecth up telah dibekali dengan commend seperti itu dan kita bisa mengaturnya sendiri, ini berlaku untuk skecth up 6 ke atas lho…. kalau untuk skecth up 5 dan ke bawah kayaknya ga bisa..

bagaimana caranya :

untuk bisa membuat/mengatur command di skectup sangatlah mudah, mahir kita bisa mengatur di perference (lihat gambar dibawah ini)

dari gambar di atas urutan pertama adalah :

1. klik window

2. klik perferences —- dari sini akan muncul box pilihan

3. kemudian pilih shortcut —– bisa dilihat di gambar yang saya tandai dengan panah…..

saya beri contoh dengan mengatur command move (memindah)

isikan huruf  M (sesuai selera huruf apa saja) kemudian klik tanda ( + ) disampingnya

kalau sudah klik tanda + maka di assigned akan muncul hurufnya…

begitu seterusnya untuk command yang lainnya…

okelah selamat mencoba…. salam  suferrrr……..

————————————————————————————————————————-

SKETCHUP ERROR / TROUBLE (for SkectUp 6 / 7 / 8)

Pernah mengalami sketchup 6 kamu ada masalah seperti dibawah ini?Kalo belum boleh juga baca ini, karena terkadang terjadi di computer yang kita install. Biasanya terjadi untuk instalan skectup 6 keatas.

Bukan error secara keseluruhan, tetapi terdapat masalah pada pemilihan bidang yang akan kita pilih. Hem… pusing bukan main waktu itu..cari2 di internet ga ketemu-temu.. tapi akhirnya ketemu juga …mo gimana ga pusing…kerjaan saya sering menggunakan Skectup 6, sehingga membuat repot..(padahal caranya mudah banget).

saat membuat gambar mengunakan skecthup 6 dan ada masalah ini, filenya langsung tak ganti (save as) ke skecthup 5. Memang skect up 5 jarang terjadi masalah, tetapi untuk gambar lebih mudah memakai skectup 6 karena sudah terdapat command pada keyboard (perintah seperti di CAD). Dan materialnya juga lumayan lengkap..(sekarang sudah ada skect up 8 jadi ya pakai yang terbaru…. :D)

kembali ke pokok bahasan… Apa permasalahan itu? Contohnya seperti ini

Saat CURSOR/ perintah PULL/ PUSH kita memilih bidang A ternyata yang kena adalah bidang B (lihat gambar dibawah ini)

Gimana pernah mengalami hal seperti ini????

Kalo iya begini caranya :

Klik Window—-Preferences—–OpenGL

pada OpenGl Setting ada 3 pilihan contreng pilih Use Hardware acceleration (lihat gambar dibawah ini)


Okey selamat mencoba… semoga bermanfaat…


30 thoughts on “sketch up info

    athank said:
    May 15, 2012 at 5:45 am

    mau tanya pak..
    1. ada perintah khusus g ( si sketch up ) agar garis kerja hilang. jadi pada saat hasil design di print garis-bidang tidak tebal ( hilang lebih baik ~ selama ini saya Hide satu per satu…. ksuen pak)
    2. Pada design gapura RT bapak ada garis-garis yang over lap pada tiap sudut bidang… itu pie pak??? ada perintah khusus ato njenengan yang buat manual???
    3 Matur nuwun..

      asibimaulani responded:
      May 15, 2012 at 5:40 pm

      begini mas bro….
      jawaban
      1. untuk menghilangkan garis kerja kita menggunakan penghapus… caranya yaitu sambil menghapus tekanlah CTRL atau SHIFT juga boleh… CTRL mempunyai fungsi untuk hidden garis menjadi smooth… kalau SHIFT fungsinya untuk hidden garis saja (tidak smooth)….
      apabila pengen menghide secara banyak anda bisa meng block garis yang diinginkan dan masuklah ke menu bar di bagian atas (EDIT—-trus HIDE)
      2. yang kedua ini malah sangat mudah.. semua fasilitas sudah ada di sketch up koq…. caranya yaitu klik menu bar di bagian atas (WINDOW—STYLE) pada STYLE nanti ada 3 pilihan SELECT, EDIT, MIX…. pilihlah EDIT… kemudian centanglah EXTENSION… angkanya disesuaikan keinginan…..

      okey selamat mencoba… kalau belum bisa silahkan tanya lagi…. okey guuud luck mas bro…..

    athank said:
    May 16, 2012 at 8:33 am

    matur nuwun ….pak.. bagi-bagi ilmunya……..

      asibimaulani responded:
      May 16, 2012 at 10:39 am

      okey mas bro sama-sama……

    athank said:
    May 16, 2012 at 9:05 am

    pertanyaan No 3 dari saya pak…
    kalo desain udah selesai… kemudian saya mau menampilkan tampak ..maka saya klik view yang Front, back, right atau left….tetapi pak.. yang saya mau tapak itu tidak 3D seperti yang sekarang saya punya… saya mau tampak nya 2D (tampak frontal dari depannya)…matur nuwun maning yo pak

      asibimaulani responded:
      May 16, 2012 at 10:43 am

      okey mas bro…. jawaban pertanyaan nomer 3 anda adalah:

      pada menu bar di bagian atas ( FILE__EDIT__VIEW__CAMERA__DRAW__TOOLS___WINDOW__HELP)
      pilihlah CAMERA kemudian centanglah PARALLEL PROJECTION……
      maka akan tampak 2 dimensi….
      okey selamat mencoba…..

    athank said:
    May 17, 2012 at 4:35 pm

    terimakasih pak…jawaban no 1,2 dan 3 sangat membantu saya pak… banyak yang mau saya tanyakan.. g apa ya pak?????
    semoga tuhan sing mbales pak..
    4. gini pak di CAD kita tau ada Block, kalo di sketch up ada group.. Block ( di CAD ) yang kita kopy bila di edit maka copy lainnya nya akan ikut ter edit… bagai mana dengan Sketch up..pak.. apa perintahnya agar Group yang kita gandakan bisa ikut teredit seprti di CAD.
    5. Di CAD kita kenal Matchprop… kita tinggal me-ngkuas bidang-bidang yang mau kita buat sama ( warna, Hatch, ketebalan garis dll ).. di skecth up pie pak??? ( terutama mewarnai pak.,, akan sangat sulit menemukan kembali warna yang sdh kita edit sebelumnya.
    Terima kasih pak semoga njenegan g bosan2 jawab pertanyaan saya yang ke 6 ~ seterusnya….heheheheh

      asibimaulani responded:
      May 17, 2012 at 7:17 pm

      okey mas bro…. ndak pa2…. saya senang bila dapat membantu….berbagi ilmu akan sangat bermanfaat… jadi kalau kita bisa jangan pelit ilmu mas bro…

      begini jawabanya :
      saya paham dengan nomer 4 yang anda masksud…sangat mudah sekali…
      kalau anda menghendaki seperti dimaksud, di Sketchup kita menggunakan MAKE COMPONENT… jadi sekali edit bisa ter edit semuanya… okey…

      untuk jawaban nomer 5 caranya adalah
      pada key bord pencet huruf B maka akan muncul KOTAK MATERIAL
      pada kotak tersebut ada tulisan SELECT___EDIT
      sejajar dengan tulisan disebelah kanan ada gambar sampel paint (saya tidaka tahu nama gambarnya) klik aja gambar itu
      kemudian klik ke warna yang ingin anda edit,,,, kemudian anda kembali ke kotak tersebut ..pilihlah edit …. disitu anda bisa mengedit sesuai apa yang anda kehendaki… sehingga warna yang sama dengan yang anda klik tersebut berubah semua….

      okey,,,,, selamat belajar…..

        athank said:
        May 27, 2012 at 7:33 am

        SAYA UCAPKAN TRIMA KASIH PAK…. BEGITU JUGA TEMAN-TEMAN BELAJAR DISIN ( disini Ada 3 org yang lg blajar 3d.. pake sketch up pak )…. NJENENGAN SANGAT MEMBANTU……salah satu teman bertanya pak ( heheh jan-ne aku yo melok takon …iki pak…..

        6. ya-opo carane menambahkan background langit/ pemandangan ndek hasil design pak…biasane kami import jpg trus di pasang ndek mburine design… ( op ono’ cara liane ta pak… suwun maning lho pak…..

        asibimaulani responded:
        May 27, 2012 at 8:41 am

        sama-sama mas bro….. selamat belajar…. saya juga sebenarnya juga masih perlu belajar terus dan terus…terkadang antara jurusan yang kita ambil saat kuliah berbeda dengan dunia kerja kita…. ya seperti saya ini… tetapi ya tidak melenceng jauh…..

        untuk jawaban nomer 6 ada tiga cara :
        cara 1 : bila mas bro sudah mahir dengan photoshop….mas bro bisa memanfaatkan software itu….seorang arsitek mau tidak mau software gambar yang dikuasai minimal, photoshop, corel draw, dan cad…
        caranya seperti ini : save as lah gambar skect up tersebut ke type *PNG (bukan JPG)…. pada type png ini antara background warna putih dan gambarnya akan terpisah pisah…. selanjutnya editlah gambar tersebut di photosop atau corel draw… gabunglah dengan background yang anda punyai dan sukai…

        cara 2 : dalam settingan sketch up sebenarnya sudah menyediakan settingan untuk backgroundnya… ( tapi menurut saya bila kita memakai cara ini gambar kita kurang ada nilai seninya…) ini menurutku lho mas bro….

        cara 3 : ini cara yang paling saya sukai masbro ini saya utak atik sendiri…. kita membuat gradasi …. mas bro bisa lihat hasilnya di bahasan WEDDING CAPEL punya saya…. disni saya tidak memakainya untuk background langit tetapi hanya untuk waran laut…. (ini bisa diterapka juga untuk warna langit)
        caranya adalah buatlah area untuk langit sesuai keinginan kita… kemudian buatlah batasnya.. kemudian berika warna2 yang berbeda…mulai dari warna tua sampai yang termuda…. (sesuai selera dan seni yang mas bro miliki)… kemudian hapuslah garis2 batas tersebut dengan menekanCTRL (sepeti yang pernah saya bahas kemarin)… selesai deh… kemudaian ambil angel sesuai keinginan kita….

        begitu caranya mas bro…. selamat belajar dan mengembangkan apa yang saya sampaikan ini….. semoga berhasil….

    athank said:
    May 27, 2012 at 9:09 am

    Save as yang pak maksud, setelah gambar jadi…. kita Export dulu pakai ekstensi JPG… baru dari Photoshop, file .jpg itu di save as lagi ke .PNG….. gitu ta pak??? itu artiya saya edit 1 1 pak ya…
    kaya’ nya saya minat cara no 3 pak…

    di skecth up ada perintah miror tho pak???

      asibimaulani responded:
      May 27, 2012 at 9:35 am

      iya setelah dari gambar sketch up jadi simpanlah / exportlah dalam format PNG… sebenaranya format JPG juga bisa…. tergantung kita nanti mengolahnya di photoshop…. untuk mempermudah penggantian ya kita gunakan format PNG…. nah baru kemudian setelah jadi di Photosop baru kita menyimpannya dalam bentuk JPG

      asibimaulani responded:
      May 27, 2012 at 9:42 am

      di sketc up sudah ada mirror pak…. caranya adalah: pilih gambar yang akan dimirror kemudian klik kanan,,, kemudian pilih FLIP ALONG… maka ada 3 pilihan disana… pilih sesuai yang dikehendaki… COMPONENT RED / COMPONENT BLUE / COMPONENT GREEN…..

      okey selamat mencoba pak…..

    athank said:
    May 27, 2012 at 12:24 pm

    OKE PAK TERIMAKASIH..

      asibimaulani responded:
      May 27, 2012 at 2:37 pm

      okey mas bro…. sama-sama…..

    athank said:
    July 26, 2012 at 3:07 am

    hallo pak nyambang maneh ki pak… hehehe biasa pak ada kesulitan… met puasa pak… kalo menjalankan…..

    gini pak.. kami mau bikin 3D taman di sketup.. kalo kotak-kotak.. wis paham pak… tapi…. la iki… kami mo bikin kontur gundukan tanah… pie pak???? yang kami buat manual banget…
    1 kami buat sket di CAD ( garis kontur )
    2 kami import ke sketup.
    3 garis2 tadi kami sket ulang sampai bidang tertutup ( ini yang paling sulit… kelamaan )
    4 bidang yang telah tertutup kami extrude satu/satu bisa di bayangkan pak ruwete….
    5 tolong yo pak cara ter mudah
    6 matur nuwun sanget.

      asibimaulani responded:
      August 12, 2012 at 2:34 pm

      mohon maaf pak… saya baru bisa membalas pesen di web blog bapak….
      untuk pembuatan kontur sebenarnya sudah ada di sketchup nya sendiri….
      kalau saya jelasin disini mungkin agak lama… sebenarnya saya mempunyai cara tersendiri tapi saya bingung untuk mengawalinya karena saya harus memasukkan gambar2 biar bapak lebih jelas….
      atau kalau lebih gampang lagi bapak cari di youtube saja…. itu malah sangat membantu…..

    mualim said:
    November 24, 2012 at 10:15 am

    bos mau tanya,,setelah ane instal vray 8,,sketcup ane ada error yaitu saat menggunakan tool dimension,,kalau mau menggunakan dimension,langsung sketcup ane langsung ada pesan eror….mohon minta penjelasanya…
    trims bos…..tak tunggu ya jawabanya,,,,

      asibimaulani responded:
      December 17, 2012 at 3:17 pm

      smaap bos baru bales…. untuk VRAY saya belum mempelajarinya terlalu jauh…. jadi saya belum bisa menjawabnya… mohon maaf mas bro…. nanti coba saya utak atik dulu….

      Khusni Mubarok said:
      January 27, 2013 at 1:00 pm

      udah ketemu belum bos solusinya

    Khusni Mubarok said:
    January 27, 2013 at 1:06 pm

    tolong diperiksa ya mas brow, thanks sebelumnya

    asibimaulani responded:
    January 27, 2013 at 1:30 pm

    ternyata setelah saya coba…. terjadi error juga di sketchup saya mas bro….. saya belum mengerti fungsi nya tools dimension,,,, biasanya saya langsung mengklik dimension di toolbar samping mas bro…..
    saya kira dalam merender gambar kita tidak perlu menampilkan dimensi gambar…..

    puji said:
    April 8, 2013 at 4:28 pm

    mas bro, ak jaluk soft ware sketch up 8 dhunk…heheheheee

      asibimaulani responded:
      April 8, 2013 at 4:50 pm

      okey mas tak kirim linknya ya….mengko di download ae…. soale by email gede banget….

    arif riadi (@arifriadi9) said:
    December 7, 2015 at 5:25 pm

    mas kalo kayak gini apa solusinya , garisnya keliatan semua mas , jadi pusing.

    arif riadi (@arifriadi9) said:
    December 7, 2015 at 5:27 pm

    mas solusinya apaan mas, garis sketchup nya kelihatan semua, jadi pusing nih

    arif riadi (@arifriadi9) said:
    December 7, 2015 at 5:32 pm

    mas

    Opik hartawan said:
    December 27, 2015 at 1:53 pm

    Mau tanya gan?
    Saya instal sketcup 2015? Tapi kenapa ga bisa menggunakan keyword pada keyboard?
    Harus manual select toolnya?
    Padahal keyboard saya normal..
    Makasih gan:)

    agus said:
    April 28, 2017 at 2:34 pm

    tanya pak bos saya mau buat presentasi animasi memindahkan material/obyek pakai apa ya pak

      asibimaulani responded:
      July 12, 2017 at 6:54 am

      maaf gan saya jarang pakai animasi sketchup..

Leave a comment